facebook-ads-bagian-1

Facebook Ads Bagian 1

Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang Facebook Ads Bagian 1 yang akan berisikan tentang pengantar Sekilas Facebook Ads seperti Apa itu Facebook Ads?, Mindset beriklan di facebook, Sekilas Funnel Marketing, Struktur Business Facebook dan Facebook ADS.

Facebook Ads dapat kita ibaratkan sebagai brosur yang disebarkan secara online sehingga tidak semua audien/ pemirsa facebook yang menerima brosur tersebut akan membeli atau tertarik dengan produk/jasa yang kita tawarkan terlebih dahulu.

Iklan pada facebook akan dikenakan biaya ketika ada audien/pemirsa facebook yang mengklik iklan atau iklan tersebut telah ditampilkan oleh facebook. Penempatan iklan pada facebook ada di beberapa posisi/tempat yaitu seperti di Stories, Beranda, Sidebar dan Adsbreak.

Memasang iklan di facebook memiliki beberapa kelebihan yaitu

  1. Jangkauan iklan lebih luas, bisa lokal hingga internasional
  2. Dapat menjaring konsumen potensial/ tertarget
  3. Biaya iklan lebih murah
  4. Menawarkan format iklan yang lengkap
  5. Berimbas positif ke website bisnis

Mindset Beriklan di Facebook

Mindset/ pola pikir tentang iklan di facebook haruslah ditata terlebih dahulu agar saat kita beriklan di facebook tidak banyak mengalami kerugian. Mindset/ pola pikir yang harus diketahui dalam beriklan di facebook antara lain harus dapat :

  1. Mengenali produk/ jasa yang akan ditawarkan
  2. Mengenali pemakai/ calon pemakai produk/ jasa yang akan ditawarkan
  3. Mengetahui dan memahami tujuan beriklan di facebook (Tujuan Jangka Pendek atau Jangka Panjang)
  4. Menggunakan metode Funnel Marketing

Sekilas Funnel Marketing

Funnel Marketing adalah metode untuk mengukur, mengelola, meramalkan dan memperbaiki proses penjualan sehingga dapat menghasilkan lebih banyak transaksi.

funnel-marketing-sederhanaGambar 1. Konsep Funnel Marketing Sederhana

Keterangan :

  1. Cold Market : Orang-orang yang belum mengenal produk/jasa kita. Cara memancingnya dengan menggunakan Lead Magnet.
  2. Warm Market : Orang-orang yang baru mengenal produk/jasa kita.
  3. Hot Market : Orang-orang yang telah mengenal produk/jasa kita.

Cold Market adalah audien/pemirsa yang belum mengetahui produk/jasa kita sehingga jika kita langsung menawarkan produk/jasa maka kemungkinan besar akan tidak ada penjualan produk/jasa. Baiknya pada tahap ini kita memberikan edukasi/informasi yang bersifat gratis dan berhubungan dengan produk/jasa yang akan kita tawarkan. Untuk memancing audien/pemirsa dapat menggunakan Lead Magnet.

Tahap selanjutnya yaitu Warm Market, audien/pemirsa yang baru mengenal produk/jasa kita sehingga pada tahap ini kita dapat mulai menjual produk/jasa dengan harga yang terjangkau atau murah terlebih dahulu, jangan langsung menawarkan produk/jasa dengan harga yang mahal.

Tahap terakhir adalah Hot Market, pada tahap ini audien/pemirsa telah mengenal produk/jasa kita atau pernah membeli produk kita sehingga pada tahap ini kita dapat menawarkan produk/jasa dengan harga yang mahal atau produk premium.

Struktur Business Manager Facebook

Business Manager Facebook merupakan fitur gratis yang disediakan oleh facebook untuk memudahkan dalam pengelolaan halaman dan iklan.

Business Manager Facebook dan Ad Account (Akun Iklan) tidaklah sama karena akun iklan, halaman facebook dan aplikasi lainnya adalah bagian dari Business Manager Facebook.

struktur-business-manager-facebookGambar 2. Struktur Business Manager Facebook

Business Manager Facebook dapat memiliki beberapa halaman facebook yang terhubung. Lalu dari beberapa halaman facebook tersebut dapat dibuatkan beberapa iklan yang berhubungan dengan halaman tersebut dan kemudian dari beberapa iklan tersebut dapat dibuat atau dikelola oleh beberapa pengguna misalnya untuk mengatur iklan, keuangan dan lain-lain.

Struktur Facebook Ads

struktur-facebook-adGambar 3. Struktur Facebook Ad

Struktur Facebook Ads ini terdiri dari 3 bagian yaitu Campaign (Kampanye), Ad Set (Set Iklan) dan Ad (Iklan).

Campaign/ Kampanye pada Facebook Ads ada 3 bagian yaitu

  1. Kesadaran, terdiri dari Kesadaran merek dan Jangkauan
  2. Pertimbangan, terdiri dari Lalu Lintas Kunjungan, Interaksi, Pemasangan Aplikasi, Penayangan Video, pembuatan Prospek, dan Pesan
  3. Konversi terdiri dari Konversi, Penjualan Katalog dan Kunjungan Toko

Jika diterapkan pada metode Funnel Marketing pada pembahasan di atas maka tahap cold market masuk pada bagian Kesadaran, warm market pada bagian pertimbangan dan hot market pada bagian konversi.

Bagian Ad Set/ Set Iklan terdiri dari 6 bagian yaitu Lalu Lintas Kunjungan, Materi Iklan Dinamis, Promo, Pemirsa, Penempatan dan Anggaran & Jadwal. Setelah itu pada bagian Ad/ Iklan terdiri dari 6 bagian yaitu Identitas, Format, Media, Teks & Tautan, Bahasa dan Pelacakan.

Cukup sekian untuk pembahasan tentang Facebook Ads bagian 1, pembahasan selanjutnya akan kami sampaikan pada artikel yang berjudul Facebook Ads bagian 2.

 

Sumber Bacaan : Youtube Mahir Ngiklan
Sumber Gambar Feature : kumacart.com/membuat-facebook-ads/